June 29, 2010

smoking area

oke, kali ini gue mau nulis yang agak serius.
ini tentang rokok. ya, sebagai mahasiswa FKM, rokok selalu jadi topik. gak ada habisnya.
mungkin gue disini bukan mau ngomongin akibat atau kendala rokok di indonesia. namun, gue ingin mengutarakan sebuah pendapat, hmm lebih tepatny saran untuk FKM secara khusus.

ide ini muncul saat gue lagi jag stand spare. ada seorang mahasiswa yang lagi mendaftar lomba di SPARE 6th FKM UI. terjadilah perbincangan singkat antara gue dan mas2 ini:

mas2: mbak, smoking area nya dimana ya?
gue: smoking area? di sini ga ada smoking area nya mas.
mas2: oh kalo mau ngerokok boleh gak?
gue: sebenarnya gak boleh.tp kalo emang mau ngerokok di tempat terbuka aja,jangan di dalem atau di deket gedung.
mas2: oh gtu.makasih ya mbak.

see?menurut gue, jawaban gue agak teoritis, tapi ternyata mas2 itu nurut aja tuh.
dan jadi terlintas sesuatu di otak gue.

SMOKING AREA.
iya. kenapa FKM gak bikin smoking area aja?
pasti bakal ada yang kontar gini:
1. loh, FKM kan fakultas kesehatan, jadi gak boleh ada yang ngerokok.
---> faktanya masih ada beberapa mahasiswa yang ngerokok dan banyak dosen yg ngerokok
2. nanti orang2 jadi bebas ngerokok dong di FKM
---> emang smua orang bakal ngerokok kalo dibuka smoking area? gak kan. contoh deh, selama ini banyak banget seminar atau penyuluhan bahkan kuliah mengenai bahaya rokok. gue yakin, sebagian mahasiswa tahu kok dan ada rasa ketakutan dalam diri mereka. dan dengan dibukanya smoking area gak bakal langsung bikin mereka yang "alim" ini ikut ngerokok kan?
actually, merokok itu hak. hak bagi mereka yang mau merasakan sakit. dan merokok juga kewajiban.kewajiban untuk tidak memberikan asapnya ke orang lain. smoking area bisa mengurangi adanya perokok pasif kan.

tapi, gue tau.smoking area ini gak bakal mudah. cara provokasi ke orang2 yang merokok untuk ke smoking area juga sulit. butuh kebijakan sih tentunya.tapi setidaknya gue udh bisa nuangin ide ini. hehehhe

well, ini sekedar ide. kalo ga setuju, bilang aja. hehehe :)

3 comments:

  1. SETUBUH!! NGEROKOK ADALAH HAK!!
    JADI GAK USAH SOK2 NGATUR HAK ORANG LAIN!!

    ReplyDelete
  2. ngerokok bukan hak, yang hak itu mendapat kesehtaan kaena kesehatan merupakan hak dasar manusia yang dilindungi oleh undang-undang. jadi kalau ada orang yang ngerokok disamping orang yang gak ngerokok berarti itu baru namanya ngelanggar hak.
    tapi gua gak setuju ada smoking area, secara logika apabila kita setuju dengan smoking are sama aja kita ngasih tempat seseorang untuk bunuh diri.

    tapi secara bertahap smoking area merupakan salah satu cara biar bisa mengurangi perokok

    just my opinion.

    ReplyDelete
  3. Kalo ngerokok terus kepala si perokok diplastikin biar asepnya nggak kemana mana itu baru namanya hak ngerokok.

    ReplyDelete